Munas Direstui Jokowi, Kadin Siapkan Pengganti Rizal Ramli

Ade Hapsari Lestarini    •    Sabtu, 17 Oct 2015 10:25 WIB
kadin
Munas Direstui Jokowi, Kadin Siapkan Pengganti Rizal Ramli
Menko bidang Kemaritiman Rizal Ramli. FOTO: MI/PANCA SYURKANI

Metrotvnews.com, Jakarta: Presiden Joko Widodo telah merestui musyawarah nasional (munas) Kamar Dagang dan Industri (Kadin) Indonesia yang akan digelar Senin, 19 Oktober.

Agenda yang akan dilakukan pada munas tersebut di antaranya menggodok sejumlah nama untuk didaulat menjadi Ketua Kadin. Sejumlah nama pengusaha maupun dari ketua asosiasi bisnis pun mulai unjuk gigi dalam pencalonan Ketua Kadin.

Ketua Dewan Pembina Kadin Oesman Sapta Oedang mengatakan, dalam pertemuannya dengan Jokowi pada Kamis 15 Oktober malam, Presiden meminta dirinya untuk melaksanakan munas sesuai jadwal.

"Presiden juga meminta munas bisa merangkul semua pihak dari kelangan pengusaha. Beliau sudah merestui munas ini," ungkap Oesman, dalam keterangan tertulisnya di Jakarta, Sabtu (17/10/2015).

Dalam pertemuan antara Oesman dengan Jokowi tersebut, dia ditemani oleh Ketua Komite Ekonomi dan Industri Nasional (KEIN) Sutrisno Bachir. Dia mengungkapkan, persiapan munas yang berlangsung di Hotel Ritz Carlton, Kuningan, Jakarta Pusat itu, sudah mencapai 90 persen.

"Tak kurang dari 1.000 undangan telah disebar. Sebagian besar pengurus Kadin Daerah juga sudah hadir di Jakarta. Kami harap, mereka menjadi peserta yang mampu mewarnai munas yang akan mengusung paradigma baru dalam kepengurusan mendatang," jelasnya.

Sekadar informasi, munas Kadin ini dalam rangka mencari dan menetapkan pengganti Ketua Kadin nonaktif Rizal Ramli. Sesuai aturan Kadin, ketua dilarang merangkap jabatan. Pada awal tahun lalu, pemerintah juga memilih Rizal sebagai Komisaris Utama PT Bank BNI Tbk. Belum lama menjabat, Rizal harus melepas jabatannya setelah Presiden menunjuknya sebagai Menteri Koordinator Maritim.

Nantinya, lanjut dia, sejumlah nama akan tampil sebagai kandidat Ketua Kadin periode 2015-2020. Nama Pelaksana Tugas Ketua Kadin, Zainal Bintang, pun menyatakan dirinya akan bertarung untuk ketua definitif Kadin. Selain itu, sejumlah pengusaha seperti Maxi Gunawan yang dikenal sebagai politikus sekaligus pengusaha juga ikut berlaga.

Kemudian, Ketua Umum Gabungan Perserikatan Pabrik Rokok Indonesia (Gappri), Ismanu Soemiran, juga tampil sebagai kandidat. Tampilnya Ismanu dinilai menjadi kuda hitam dalam perebutan kursi ketua. Sejumlah dukungan dari kalangan asosiasi pengusaha anggota Kadin, sudah menyatakan dukungannya kepada Ismanu.


(AHL)


Merpati akan Lunasi Utang Usai Maskapai Beroperasi

Merpati akan Lunasi Utang Usai Maskapai Beroperasi

1 day Ago

Merpati Nusantara Airlines berjanji akan melunasi utang dan pesangon mantan karyawannya. Janji …

BERITA LAINNYA