Ini Rangkaian Kegiatan Hari Pangan Sedunia di Palembang

Deny Irwanto    •    Sabtu, 17 Oct 2015 13:36 WIB
pangankementan ads
Ini Rangkaian Kegiatan Hari Pangan Sedunia di Palembang
Sekjen Kementan Hari Priyono-----MTVN/Deny

Metrotvnews.com, Palembang: Kementerian Pertanian Republik Indonesia memperingati Hari Pangan Sedunia (HPS) ke-35 hari ini di Jakabaring Sport City, Palembang, Sumatera Selatan. Sejumlah acara pun digelar buat memeriahkan peringatan HPS ke-35.

Sekretaris Jenderal Kementerian Pertanian Hari Priyono mengatakan, secara keseluruhan rangkaian kegiatan peringatan HPS ke-35 meliputi pemberdayaan masyarakat, gelar teknologi, perlombaan, pameran dan bazaar, acara puncak, tour diplomatik, dokumentasi, publikasi dan penyiaran, dari tanggal 17 hingga 20 Oktober 2015.

Selain itu ada juga penanaman padi dan pemberian penghargaan inovasi pangan dan pertanian di Desa Sako, Kecamatan Rambutan, Kabupaten Banyuasin, Sumatera Selatan.

"Kegiatan pemberdayaan masyarakat dilaksanakan di Provinsi Sumsel selama bulan Oktober 2015 oleh beberapa instansi terkait antara lain Kementan, KLHK, KKP, Kemenkes, dan Kemenpar," kata Hari di kawasan Jakabaring Sport City, Jalan Gubernur Hasan Bastari, palembang, Sumatera Selatan, Sabtu (17/10/2015).

Tak hanya pameran, ada juga penghargaan yang diberikan Kementan. Yakni, penghargaan inovasi pangan dan pertanian yang telah diberikan Presiden RI Joko Widodo sebagai wujud apresiasi pemerintah atas karya yang telah dihasilkan. Penghargaan diberikan kepada peneliti atau perekayasa, penyuluh dan mitra pertanian yang mengembangkan inovasi dan teknologi tujuh komoditas strategis (padi, jagung, kedelai, daging sapi atau kerbau, gula, bawang merah dan cabai) serta kakao untuk mendukung tercapainya kedaulatan pangan.

"Penerima penghargaan tersebut terbagi atas tiga kategori, kategori pertama diberikan kepada peneliti atau perekayasa yang telah menghasilkan inovasi teknologi pertanian yang bermanfaat bagi masyarakat dan berkontribusi pada swasembada pangan. Peneliti atau perekayasa tersebut telah berkarya di Kementerian Pertanian maupun lembaga penelitian lainya, serta dari perguruan tinggi, dan swasta," beber Hary.

Dia menyebut, penghargaan itu juga diharapkan bisa untuk memacu petani dalam menghasilkan lebih banyak lagi inovasi yang bermanfaat dan berdampak luas terhadap kemajuan pertanian Indonesia.


(TII)

Bank Mandiri Tunggu Pelunasan Utang Modern Internasional
Sevel Tutup

Bank Mandiri Tunggu Pelunasan Utang Modern Internasional

2 days Ago

Bangkrutnya usaha 7-Eleven (sevel) ditangan PT Modern Internasional Tbk (MDRN) meninggalkan ban…

BERITA LAINNYA