Kualitas Tenaga Kerja Indonesia Masih Rendah Jelang MEA

Gervin Nathaniel Purba    •    Rabu, 30 Dec 2015 21:05 WIB
mea 2015
Kualitas Tenaga Kerja Indonesia Masih Rendah Jelang MEA
Illustrasi. ANTARA FOTO/Yohanes Kurnia Irawan.

Metrotvnews.com, Jakarta: Lembaga Penelitian, Pengembangan dan Pengkajian Ekonomi (LP3E) Kamar Dagang dan Industri (Kadin) Indonesia memaparkan kondisi tenaga kerja Indonesia belum siap untuk bersaing dalam era Masyarakat Ekonomi Asean (MEA).

Kepala LP3E Kadin, Didik J Rachbini mengatakan kualitas tenaga kerja Indonesia masih kalah dari negara tetangga. Hal ini dapat dilihat dari hampir separuh atau 47,1 persen dari tenaga kerja Indonesia adalah lulusan Sekolah Dasar (SD) kebawah.

"Sehingga ini sulit mendapat tenaga kerja dengan kualifikasi keterampilan dan keahlian yang cukup," ujar Didiki saat ditemui di Menara Kadin, Jakarta Selatan, Rabu (30/12/2015).

Selain itu, peringkat Human Development Index yang dikeluarkan UNDP menunjukkan kualitas tenaga kerja masih tertinggal jauh dengan negara tetangga seperti Malaysia dan Singapura.

"Di antara negara Asean peringkat Indonesia ini masih kalah dibandingkan Singapura, Brunei, Malaysia dan Thailand," tuturnya.

Hal ini diperjelas dengan masih sulitnya dunia usaha dalam negeri untuk mendapatkan tenaga kerja dengan kualifikasi keterampilan dan keahlian yang cukup. Untuk itu, Ia berharap pemerintah dapat berperan dalam meningkatkan pendidikan di Tanah Air.

"Pemerintah secara khusus diharapkan dapat meningkatkan pendidikan vokasi lebih banyak lagi terutama di daerah-daerah sesuai dengan potensi daerah-daerah tersebut," pungkasnya.



(SAW)