NEWSTICKER

Index: 2022-09-30

64 result

Misi Menjaga Populasi Hiu Macan di Maladewa

Misi Menjaga Populasi Hiu Macan di Maladewa

Selamat Pagi Indonesia • 2 hours ago

Sebuah misi sains di Maladewa terus dilakukan agar populasi hiu macan tetap terjaga dan manusia dapat menemukan lebih banyak hiu macan. Maladewa dikenal sebagai rumah bagi spesies hiu macan di dunia.

Hiu macan merupakan salah satu pengunjung tetap perairan Maladewa. Hiu macan selalu mengelilingi pelabuhan Fuvahmulah sehingga spot ini sangat cocok untuk para penyelam yang ingin menikmati kehidupan bawah laut dengan nuansa yang berbeda.

Pemandu Penyelam Hamna Hussain, membawa rombongan pengunjung ke bawah permukaan untuk melihat hiu. Hamna menyebut masih banyak pertanyaan yang belum terjawab mengenai hiu macan yang sering berdatangan ke perairan Fuvahmulah.

Beberapa penelitian telah dimulai pada hiu macan di Fuvahmulah. Menurut penyelam dan peneliti Ahmed Inah, hingga kini sudah lebih dari 200 hiu macan yang telah diidentifikasi. Misi ilmiah yang saat ini berlangsung bertujuan untuk menjelaskan lebih banyak spesies tersebut. 

"Sejauh ini kami memiliki lebih dari 200 hiu macan yang diidentifikasi. Saya pikir yang paling penting adalah kami tidak memiliki data dasar yang tersedia karena tidak ada yang melakukan apapun untuk skala itu di sekitar pulau yang dapat membantu kami," ujar Ahmed Inah.

Hiu macan dapat tumbuh mencapai panjang lima meter dengan berat 900 kilogram. Hiu macan juga dijuluki "tempat sampah laut". Spesies ini dikenal dapat memakan apapun yang mereka lihat termasuk ikan kecil, burung laut dan penyu. 

"Hal yang sangat menakjubkan tentang hiu macan adalah mereka memiliki julukan tempat sampah laut karena mereka tidak terlalu pilih pilih," ujar Ahli Biologi Kelautan dan Ahli Hiu, Melissa Cristina Marquez.

Wisata Hiu telah menjadi bagian penting dalam perekonomian Fuvahmulah, namun bagi nelayan lokal makhluk tersebut kurang diterima karena mereka merupakan predator tuna yang merupakan mata pencarian nelayan setempat.

Gaji dan Tunjangan Melebihi DPR, Hakim Agung Masih Korupsi

Gaji dan Tunjangan Melebihi DPR, Hakim Agung Masih Korupsi

HOTROOM • 2 hours ago

Gaji sebagai hakim di MA tidak sedikit. Setidaknya, seorang hakim agung bisa mendapatkan gaji hampir ratusan juta rupiah per bulan. Namun nyatanya masih ada hakim yang melakukan korupsi. 

Di luar gaji pokok, setiap bulan negara memberikan tunjangan jabatan berdasarkan jenjang karier hakim, lokasi bertugas, hingga kelas pengadilan. Tunjangan paling rendah bagi hakim madya muda di pengadilan tinggi adalah Rp27,2 juta. Paling tinggi, yakni ketua pengadilan tinggi mendapatkan tunjangan Rp40,2 juta.

Dengan demikian, seorang hakim bisa mendapatkan gaji Rp126 juta hingga Rp542 juta per tahun. Angka ini belum ditambah honorarium dari setiap perkara yang diadili.

Longsor, Pemkot Bekasi Tutup Sementara Jalan Pangkalan 1

Longsor, Pemkot Bekasi Tutup Sementara Jalan Pangkalan 1

Headline News • 2 hours ago

Pemerintah Kota Bekasi menutup sementara Jalan Pangkalan 1, Bantar Gebang, Kota Bekasi, Jawa Barat karena sedang ada perbaikan jalan akibat longsor sepanjang 100 meter dengan kedalaman 10 meter, Jumat (30/9/2022). Saat ini, hanya ada satu lajur yang dibuka sementara lajur lainnya yang terdampak longsor telah diberi pembatas. Namun, pengendara roda empat nekat melintas. 

Menurut keterangan pengendara yang hampir setiap hari melintas, longsor sudah terjadi sejak satu tahun lalu. Namun, jalan ini sering dilintasi dan tidak kunjung diperbaiki akibat Longsor semakin melebar. 

Perbaikan longsor maupun jalan diharapkan dapat segera selesai demi keselamatan para pengendara. Para pengendara yang hendak menuju Bantar Gebang, Kota Bekasi maupun Villa Nusa Indah, Kabupaten Bogor dapat melewati alternatif lain, yaitu melalui Jalan Cipendawa.

ICW: Jumlah Terdakwa Korupsi Divonis Bebas Naik Tiap Tahun

ICW: Jumlah Terdakwa Korupsi Divonis Bebas Naik Tiap Tahun

Metro Siang • 2 hours ago

Indonesia Corruption Watch (ICW) mencatat jumlah terdakwa korupsi yang divonis bebas setiap tahun melonjak sejak 2017, bahkan di 2021 angkanya meningkat drastis. 

Data ICW menunjukkan jumlah terdakwa korupsi yang divonis bebas pada 2021 sebanyak 107 orang. Angka tersebut melonjak 62,12% dibanding tahun sebelumnya. Kenaikan tersebut menjadi yang terbesar dalam lima tahun terakhir. 

Terdakwa kasus korupsi yang divonis bebas telah menimbulkan kerugian hingga Rp256,3 miliar dan total penyuapan sebesar Rp6 miliar. ICW meminta Mahkamah Agung mengevaluasi para hakimnya dan memastikan proses persidangan bersih dari korupsi. 

KPK Tetap Panggil Lukas Enembe Meski Masih Sakit

KPK Tetap Panggil Lukas Enembe Meski Masih Sakit

Metro Siang • 2 hours ago

Sudah dua kali Gubernur Papua, Lukas Enembe mangkir dari panggilan KPK dengan alasan sakit.  Namun, KPK akan tetap memanggil Lukas Enembe meskipun dalam keadaan sakit. 

Direktur Penyidik KPK, Asep Guntur Rahayu sempat berkomunikasi dengan Lukas Enembe melalui sambungan telfon dari Kuasa Hukum Enembe. Asep menyampaikan, KPK tetap akan memanggil Lukas Enembe meskipun dalam keadaan sakit. Namun, KPK juga akan menyediakan fasilitas kesehatan dengan menghadirkan dokter dari IDI untuk memeriksa kesehatan Lukas Enembe. Dari hasil pemeriksaan tersebut, KPK akan memastikan jika dokter yang dibutuhkan untuk penyakit yang diidap Lukas Enembe ada atau tidak di Indonesia.

Polres Bengkalis Gagalkan Penyelundupan 43 Imigran Ilegal ke Malaysia

Polres Bengkalis Gagalkan Penyelundupan 43 Imigran Ilegal ke Malaysia

Headline News • 2 hours ago

Polres Bengkalis, Riau menangkap 43 imigran ilegal Bangladesh dan 10 pekerja Indonesia yang akan diberangkatkan ke Malaysia, Kamis (29/9/2022). Polisi juga menangkap satu orang yang berperan menampung dan menyelundupkan imigran ke negara tetangga. Puluhan imigran ilegal ini ditangkap di Desa Tanjung Leban, Kecamatan Bandar Laksamana, Kabupaten Bengkalis. Mereka akan diselundupkan ke Malaysia melalui jalur laut. 

Menurut Wakapolres Bengkalis Kompol Anindhita Rizal, satu orang berinisial ED berperan sebagai penampung dan penyelundup imigran ke Malaysia. Tersangka mendapatkan keuntungan puluhan juta rupiah dari bisnis penyelundupan manusia. ED dijerat UU No 21 Tahun 2007 Tentang Tindak Pidana Perdagangan Orang dengan ancaman hukuman maksimal 15 tahun penjara. 

Dari kasus ini, polisi menyita barang bukti berupa dokumen imigrasi, telepon dan pakaian. Kantor Wilayah Kementerian Hukum dan HAM Riau akan memulangkan para imigran ke negara asal. 

1 Orang Tewas Akibat Badai Ian di Florida

1 Orang Tewas Akibat Badai Ian di Florida

Metro Siang • 2 hours ago

Terjangan Badai Ian di Florida, Amerika Serikat membuat ribuan warga terjebak karena akses yang terputus dan membuat jutaan orang tinggal dalam kegelapan. Setidaknya satu orang di Pantai Timur Florida dipastikan tewas akibat badai tersebut.

Sehari setelah Florida, Amerika Serikat dihantam Badai Ian, berbagai kerusakan menjadi fokus petugas dan pemerintah setempat. Badai yang berkategori empat menghancurkan rumah-rumah, memutus satu-satunya jembatan ke pulau, menghancurkan dermaga yang bersejarah dan mematikan aliran listrik ke sekitar 2,67 juta rumah dan bisnis.

Pemerintah setempat memperkirakan kerusakan dan kehancuran akan lebih buruk dari yang tercatat untuk sementara. 

'Pak Guru', Buronan Terakhir Teroris MIT Ditembak Mati Satgas Managor Raya Poso

'Pak Guru', Buronan Terakhir Teroris MIT Ditembak Mati Satgas Managor Raya Poso

Selamat Pagi Indonesia • 3 hours ago teroris

Satuan tugas Managor Raya di Poso, Sulawesi Tengah menembak mati sisa DPO Mujahidin Indonesia Timur (MIT), atas nama Askar alias Pak Guru. Askar alias Pak Guru selama ini menjadi satu-satunya DPO teroris yang tersisa dan menjadi satgas dalam penegakkan hukum dengan sandi operasi Managor Raya.

Kontak tembak antara satgas dengan Askar terjadi pada Kamis (29/9/2022) pukul 18.30 menit WITA. Saat dievakuasi, satgas menemukan berbagai jenis barang bukti, di antaranya bom lontong dan senjata jenis revolver. Askar diketahui memiliki keahlian merakit bom dan terlibat dalam 10 kasus pembunuhan terhadap warga sipil di Poso, Sigi dan Parigi Moutong. 

23 Napi Korupsi Dapat Remisi, MAKI: Ada Cacat Hukum

23 Napi Korupsi Dapat Remisi, MAKI: Ada Cacat Hukum

HOTROOM • 3 hours ago

Menurut Koordinator Masyarakat Anti Korupsi (MAKI) Boyamin Saiman, pemberian remisi terhadap 23 narapidana korupsi memiliki kecacatan hukum. Ia menilai perhitungan pengurangan masa tahanan narapidana korupsi sangat bertentangan dengan peraturan Undang-Undang.

"(hukuman Jaksa Pinangki) empat tahun, kalau separuhnya saja dua tahun. Dia baru menjalani hukuman hampir mendekati dua tahun. Seharusnya 2,5 atau 2,6 (tahun) lah," jelas Boyamin. 

Berdasarkan Pasal 14 ayat (1) huruf k Undang-Undang Nomor 12 Tahun 1995  tentang Pemasyarakatan, pembebasan bersyarat adalah bebasnya narapidana setelah menjalani sekurang-kurangnya dua pertiga masa pidananya dengan ketentuan dua pertiga tersebut tidak kurang dari sembilan bulan.

Pakar Hukum Pidana: KY Harus Benahi Sistem Perekrutan Hakim Agung

Pakar Hukum Pidana: KY Harus Benahi Sistem Perekrutan Hakim Agung

HOTROOM • 3 hours ago

Pakar Hukum Pidana, Chairul Huda, mengatakan Komisi Yudisial harus membenahi sistem perekrutan hakim agung. 

"Menurut saya solusinya pada sistem perekrutan," kata Chairul Huda. 

Chairul menyebut Komisi Yudisial harus mengecek kinerja hakim selama karirnya, bukan hanya saat melamar menjadi calon hakim agung. Menurutnya, Komisi Yudisial mempunyai keterbatasan merekrut hakim agung. Hal tersebut harus dievaluasi sehingga dapat menjangkau orang-orang yang berkualitas. 

Diretas, Website PN Jombang Tampilkan Foto Puan Maharani

Diretas, Website PN Jombang Tampilkan Foto Puan Maharani

Metro Siang • 3 hours ago

Kasus peretasan menimpa website Pengadilan Negeri Jombang, Jawa Timur sejak Kamis (29/9/2022). Halaman utama website lembaga peradilan itu diubah hacker dengan foto Ketua DPR RI Puan Mahari dan tulisan '2024 Tanpa PDIP'.

Peretasan ini diketahui sekitar sore hari saat aktivitas pengadilan sepi. Dalam laman website PN Jombang seluruhnya menampilkan foto Ketua DPR RI Puan Maharani dan juga terdapat beberapa tulisan soal politik hingga tulisan '2024 Tanpa PDIP'.

Peretas juga menyebutkan identitasnya sebagai Bengkulu Cyber Team Hacktivies QF Garuda. Humas Pengadilan Negeri Jombang, Muhammad Ridwan Syah mengaku peretasan website berlangsung selama 24 jam. Peretasan menyasar website lama yang sudah tidak digunakan sejak 2021. Website lama masih berjalan normal dan tetap bisa diakses khalayak luas.

14 Calon Anggota Komnas HAM Mengikuti Fit and Proper Test di DPR RI

14 Calon Anggota Komnas HAM Mengikuti Fit and Proper Test di DPR RI

Metro Siang • 3 hours ago

Sebanyak 14 calon anggota Komnas HAM menjalani uji kelayakan dan kepatutan (fit and proper test), Jumat (30/9/2022) sekitar pukul 09.00 WIB. Test ini dilaksanakan oleh Komisi III DPR RI.

Sudah ada tiga calon anggota Komnas HAM yang telah menjalani uji kepatutan dan kelayakan, yakni Abdul Harris berasal dari kalangan dosen dan aktivis, anggota aktif dari Komnas HAM Amiruddin, dan Ketua Pusat Studi Migrasi Migrant Care Anis Hidayat yang masih dilangsungkan tesnya.

Selain itu, ada 14 calon anggota lainnya yang akan menjalani fit and proper test hari ini. Nantinya Komisi III DPR RI akan menyeleksi menjadi tujuh nama dan akan direkomendasikan kepada Presiden Joko Widodo untuk dilantik pada November 2022 mendatang.

Calon Jemaah Umroh Minta Pemerintah Kaji Ulang Kebijakan Vaksin Meningitis

Calon Jemaah Umroh Minta Pemerintah Kaji Ulang Kebijakan Vaksin Meningitis

Selamat Pagi Indonesia • 3 hours ago

Vaksin meningitis masih menjadi masalah saat para calon jemaah umrah belum bisa mendapatkannya dengan mudah. Terjadi kekosongan stok di berbagai daerah membuat jemaah umrah meminta pemerintah mengkaji kembali kebijakan vaksin tersebut.

Kelangkaan vaksin sudah terjadi sejak Agustus sesuai dengan laporan DPD AMPHURI di seluruh Indonesia. Hal ini memakan banyak KKP yang tutup secara resmi menangani vaksin meningitis sampai waktu yang tidak ditentukan.

Kabid Umrah Ampuhri Zaky Zakaria mengatakan, hal tersebut menjadi permasalahan yang perlu segera diselesaikan, karena animo masyarakat untuk umrah sudah dimulai sejak Maret 2022. Kelangkaan vaksin meningitis sangat mengkhawatirkan petugas penyelenggara dan calon jemaah umrah.

"Kelangkaan vaksin ini di satu sisi disertai dengan ketegasan KKP. Di lain pihak, kami mendapatkan penawaran solusi vaksin yang harganya cukup tinggi. Misalkan harga normal Rp300 ribu-Rp400 ribu, dengan vaksin meningitis yang lain harganya bisa mencapai Rp500 ribu- Rp1 juta. Hal tersebut cukup memberatkan bagi jemaah umrah," ujar Kabid Umrah Ampuhri Zaky Zakaria, Jumat (30/9/2022). 

Rawat Budaya Lokal, Partai NasDem Gelar Diskusi Harmoni Budaya

Rawat Budaya Lokal, Partai NasDem Gelar Diskusi Harmoni Budaya

Selamat Pagi Indonesia • 3 hours ago

DPP Partai NasDem Bidang Pendidikan dan Kebudayaan bersama Bidang Hubungan Sayap dan Badan mengadakan diskusi harmoni budaya Indonesia. Kegiatan ini merupakan salah satu rangkaian kegiatan jelang deklarasi Badan Budaya Partai NasDem yang dilaksanakan 28 Oktober mendatang.

Dalam diskusi yang digelar secara daring, bertemakan "fenomena musik lokal yang mendapat tempat di hati milenial", Ketua DPP Partai NasDem Bidang Olahraga dan Mahasiswa Martin Manurung menegaskan, komitmen Badan Kebudayaan Partai NasDem dalam merawat kebudayaan Indonesia salah satunya dengan melibatkan kaum milenial. Cara yang dilakukan adalah dengan mendorong kaum milenial untuk lebih mencintai musik lokal.

Martin juga menyinggung perlunya dana abadi yang dihibahkan dari masyarakat Indonesia untuk mendukung perkembangan budaya nasional. Dari kalangan seniman, Diana Sastra menyatakan bahwa saat ini musik lokal telah mendapat tempat dikalangan masyarakat lantaran musik yang tercipta kian bervariasi.

DPR Sahkan Johanis Tanak Sebagai Pimpinan Baru KPK

DPR Sahkan Johanis Tanak Sebagai Pimpinan Baru KPK

Metro Siang • 3 hours ago

DPR RI mengesahkan Johanis Tanak sebagai pimpinan baru KPK menggantikan Lili Pintauli Siregar. Hal itu disampaikan dalam Rapat Paripurna ke-7 Masa Sidang I Tahun 2022-2023, Kamis (29/9/2022). 

Rapat paripurna dipimpin oleh Wakil Ketua DPR RI, Sufmi Dasco Ahmad dengan empat agenda pembahasan. Salah satunya laporan Komisi III atas uji kelayakan dan kepatutan calon pimpinan KPK pengganti Lili Pintauli Siregar.

Anggota Komisi III DPR, Habiburokhman menjelaskan tentang mekanisme pemilihan. Komisi III menggelar fit and proper test terhadap dua nama yang diajukan Presiden Jokowi yakni I Nyoman Wara dan Johanis Tanak.

Selanjutnya Komisi III menggelar voting tertutup dan hasilnya dari 53 suara, Johanis Tanak meraih 38 suara. Hasil ini pun langsung disetujui oleh peserta sidang. 

58 Ribu Napi Dapat Remisi di 2022

58 Ribu Napi Dapat Remisi di 2022

HOTROOM • 3 hours ago

Koordinator Humas dan Protokol Ditjen Pas Kemenkumham RI Rika Aprianti mengungkapkan, selain narapidana korupsi, terdapat 58 ribu lebih narapidana dari berbagai macam kasus yang telah bebas dari masa tahanan dengan mendapatkan hak bersyarat di 2022. Rika mengungkapkan hal tersebut merupakan bagian dari pembinaan.

Stok Vaksin Meningitis Menipis, Calon Jemaah Umrah di Jatim Terancam Batal Berangkat

Stok Vaksin Meningitis Menipis, Calon Jemaah Umrah di Jatim Terancam Batal Berangkat

Selamat Pagi Indonesia • 4 hours ago

Kelangkaan vaksin meningitis terjadi di berbagai daerah Jawa Timur sejak dua pekan lalu. Kondisi ini membuat ribuan calon jemaah umrah di Jawa Timur was-was karena terancam batal berangkat. Penyelenggara ibadah umrah di Jawa Timur mengeluhkan langkahnya vaksin meningitis baik di klinik, kantor kesehatan, pelabuhan atau KKP maupun fasilitas kesehatan lainnya.

Kondisi ini membuat ribuan jemaah terancam gagal berangkat ke Tanah Suci. Padahal saat ini animo masyarakat berangkat umrah sangat tinggi setelah sempat terhenti akibat pandemi. Mereka menyesalkan pemerintah tetap mewajibkan vaksin meningitis sebagai syarat umrah. Namun tidak bisa memenuhi ketersediaan vaksin bagi jemaah.

"Saya mengharap kepada pemerintah mencarikan solusi terbaik, karena pemerintah sudah menginfokan regulasi bila mau umrah harus ada vaksin meningitis," ujar penyelenggara Umrah, Muhammad Ramli.

Saat ini, klinik KKP Surabaya juga menghentikan pendaftaran online untuk vaksinasi meningitis mengingat stok yang tersedia sangat terbatas. Hanya bisa melayani warga yang sebelumnya telah mendaftar. Bahkan pendaftaran online sudah ditutup sejak 19 September lalu.

Ketersediaan vaksin meningitis di 67 fasilitas kesehatan yang berada di bawah pengawasan KKP Surabaya dan Probolinggo juga kosong. Salah satu klinik kawasan Darmo, Surabaya misalnya, vaksin meningitis sudah kosong sejak minggu kedua September. Kosongnya vaksin karena terhentinya pasokan dari Bio Farma.

Kondisi Rumah Penampungan Ibu Hamil Kasus 'Ayah Sejuta Anak' di Bogor

Kondisi Rumah Penampungan Ibu Hamil Kasus 'Ayah Sejuta Anak' di Bogor

Selamat Pagi Indonesia • 4 hours ago

Kepolisian daerah Jawa Barat telah menangkap pelaku penjualan bayi di Kecamatan Ciseeng, Kabupaten Bogor, Jawa Barat.

Di rumah penampungan tersebut terpantau tak nampak aktivitas yang mencolok, kecuali terlihat pihak keluarga, yakni adik dari Tersangka SH, AM. 

Warga sekitar tidak mau dimintai keterangan mengenai kasus yang terjadi di wilayahnya tersebut. Konfirmasi pihak keluarga, sudah satu bulan tersangka ditahan dan masih dilakukan proses penyidikan dari pihak Kepolisian. 

Dalam penyelidikan terungkap bahwa selama beroperasi setahun terakhir, di rumah tersebut telah ditampung 10 orang ibu hamil.

Para ibu hamil tanpa suami atau masalah lainnya yang datang berharap bantuan membesarkan anak ke pelaku setelah melihat konten ' Ayah Sejuta Anak.'.

Film 'Jagat Arwah' Pamerkan Efek CGI Karya Anak Bangsa

Film 'Jagat Arwah' Pamerkan Efek CGI Karya Anak Bangsa

Selamat Pagi Indonesia • 4 hours ago

Jagat Arwah merupakan film Indonesia terbaru yang mengisahkan seseorang mencari jati dirinya sebagai penjaga alam semesta. Film ini dibintangi Ari Irham dan diarahkan sutradara Ruben Adrian. Garapan Visinema Picture ini diwarnai banyak efek CGI (Computer-generated imagery) di sepanjang film. Seluruh efek CGI, film dikerjakan oleh anak-anak terbaik bangsa.

Ruben Adrian selaku sutradara film ini, mengatakan film Jagat Arwah menggunakan teknik penyutradaraan yang berpusat pada karakter masing-masing. Film bergenre horor ini diperankan oleh Oka Antara, Cinta Laura, dan Ari Irham.

iKON Bakal Tampil di Festival Musik JISPHORIA Jakarta 1 Oktober 2022

iKON Bakal Tampil di Festival Musik JISPHORIA Jakarta 1 Oktober 2022

Selamat Pagi Indonesia • 4 hours ago

Grup vokal asal Korea Selatan, iKON akan mengguncang Jakarta International Stadium (JIS) dalam acara musik JISPHORIA pada 1 Oktober 2022. JISPHORIA merupakan festival musik yang menampilkan musisi ternama salah satunya adalah iKON yang terdiri dari enam personil, yakni Bobby, Jay, Ju-ne, Song, DK dan Chan. 

Selain iKON, sederet musisi tanah air juga turut meramaikan JISPHORIA seperti JKT48, Lyodra dan Andmesh. Konser musik di Jakarta Utara ini, akan dimulai sekitar pukul 12.00-23.00 WIB. 

Kominfo Gaet Dukungan Negara Anggota ITU Melalui 'Indonesia Night' di Rumania

Kominfo Gaet Dukungan Negara Anggota ITU Melalui 'Indonesia Night' di Rumania

Selamat Pagi Indonesia • 4 hours ago

Kementerian Komunikasi dan Informatika (KOMINFO) menggelar ‘Indonesia Night’ dalam rangkaian Konferensi International Telecommunication Union (ITU) di Rumania. Acara digelar untuk menggaet dukungan dari negara anggota dalam pencalonan Indonesia sebagai anggota dewan ITU dan Radio Regulation Board (RRB).

Indonesia Night digelar untuk menggalang dukungan atas pencalonan Indonesia sebagai angggota dewan ITU dan Radio Regulation Board (RRB). Setiap anggota delegasi yang hadir diberikan kain tenun khas NTT.

Menteri Komunikasi dan Informatika Johnny G Plate mengungkapkan, banyak pimpinan delegasi yang memberikan dukungan dan mengetahui komitmen Indonesia dalam mendorong dan membantu ITU dalam rangka digitalisasi dan transformasi digital.

Acara Indonesia Night juga dihadiri Sekjen ITU Houlin Zhao, yang secara resmi menyampaikan dukungan kepada kandidat Indonesia baik di anggota dewan maupun RRB. Johnny menganggap dukungan tersebut sangat kuat dari seorang Sekjen ITU kepada Indonesia.

Dalam gelaran International Telecommunication Union Plenipotentiary Conference 2022 Kominfo RI membawa 2 misi penting, yakni menempatkan Indonesia menjadi anggota dewan ITU region E dan memperjuangkan delegasi Indonesia Doktor Meiditomo Sutyarjoko sebagai anggota Radio Regulation Board.

Roadshow OSC Medcom.id 2022 Menyambangi UII Yogyakarta

Roadshow OSC Medcom.id 2022 Menyambangi UII Yogyakarta

Selamat Pagi Indonesia • 4 hours ago

Roadshow Online Scholarship Competition (OSC) Medcom.id menyambangi Universitas Islam Indonesia (UII) Yogyakarta. UII menjadi 1 dari 27 perguruan tinggi yang menjadi mitra OSC pada 2022.

Roadshow OSC Medcom.id menyambangi UII Yogyakarta. Antusiasme pelajar SMA dan SMK se-derajat di Yogyakarta untuk mengikuti Roadshow OSC Medcom.id cukup tinggi. OSC dan UII menyediakan kuota 29 beasiswa untuk 29 program pendidikan atau prodi jenjang D3 sampai S1.

Roadshow OSC 2022 di Yogyakarta ditandai dengan penandatanganan nota kerja sama atau MOU antara Medcom.id yang diwakili oleh Assisten CEO Media Group Kania Sutisnawinata dan Wakil Rektor UII. Lewat MOU tersebut, UII Yogyakarta resmi menjadi mitra OSC 2022 bersama 26 PTN dan PTS se-Indonesia.

Beni Suranto selaku Direktur Pembinaan Kemahasiswaan UII mengatakan pihaknya menyambut baik kerja sama dengan OSC 2022. Tidak hanya di bidang beasiswa, namun banyak hal yang bisa dikerjasamakan dengan OSC dalam rangka mencerdaskan generasi bangsa. Melalui kesempatan beasiswa OSC ini pihaknya mengajak para pelajar untuk memanfaatkannya secara maksimal.

5 Tersangka Korupsi Truk Sampah Diserahkan ke Kejari Gowa

5 Tersangka Korupsi Truk Sampah Diserahkan ke Kejari Gowa

Headline News • 4 hours ago

Kejaksaan Negeri Kabupaten Gowa, Sulawesi Selatan menerima lima orang tersangka korupsi pengadaan 89 unit mobil truk sampah. Salah satu tersangka merupakan mantan Kepala Dinas Pemberdayaan Masyarakat Desa (PMD) yang merugikan negara hingga Rp9,1 miliar. 

Penyidik Polres Gowa menyerahkan lima tersangka korupsi pengadaan 89 unit mobil truk sampah kepada jaksa penuntut umum (JPU) Kejaksaan Negeri (Kejari) Gowa. Sementara truk sampah tidak disita karena digunakan oleh masyarakat di 121 desa. 

Kelima tersangka ditahan di rutan Polres Gowa sambil menunggu pelimpahan berkas perkara ke Pengadilan Negeri Makassar. 

225 Ribu Vaksin Meningitis Didatangkan Secara Bertahap

225 Ribu Vaksin Meningitis Didatangkan Secara Bertahap

Selamat Pagi Indonesia • 4 hours ago

Kelangkaan vaksin meningitis dalam negeri terus menjadi perhatian masyarakat, terutama yang ingin pergi ke Tanah Suci. Meski begitu, pemerintah melalui Kementerian Kesehatan berupaya untuk mengimpor vaksin guna memenuhi permintaan dalam negeri. Kemenkes mengimpor 225 ribu vaksin meningitis dan dikirim secara bertahap.

Kelangkaan tersebut disebabkan oleh produsen luar negeri yang melakukan pembatasan produksi. Pihak Kementerian Kesehatan menjelaskan bahwa pembatasan produksi oleh produsen luar negeri merupakan imbas peraturan dari pemerintah produsen setempat. Tidak hanya pembatasan produksi, Kemenkes mengakui bahwa permintaan vaksin meningitis mendadak melonjak, salah satunya akibat jumlah jemaah haji.

"Sebenarnya kita sudah melakukan upaya-upaya, di antaranya surat edaran dari Direktorat Jenderal Pencegahan dan Pengendalian Penyakit kepada seluruh Dinas Kesehatan dan KKP se-Indonesia untuk realokasi vaksin meningitis sisa haji ke Kantor Kesehatan Pelabuhan," ujar Dir. Surveilans dan Kekarantinaan Kesehatan, Achmad Farchanny Tri Adryanto.

Untuk mengatasi masalah vaksin meningitis, Kementerian Kesehatan telah berusaha untuk mengimpor vaksin tersebut. PT Bio Farma sudah melakukan pengadaan vaksin jenis minivex sebanyak 225 ribu vial dan akan dikirim secara bertahap.

TPNPB Serang Pekerja Jalan Trans Papua Barat, 4 Tewas

TPNPB Serang Pekerja Jalan Trans Papua Barat, 4 Tewas

Selamat Pagi Indonesia • 4 hours ago

Tentara Pembebasan Nasional Papua Barat (TPNPB) wilayah Kodap IV Sorong Raya mengaku bertanggung jawab atas penyerangan serta penembakan terhadap 12 pekerja Jalan Trans Papua Barat di perbatasan Kabupaten Teluk Bintuni dan Kabupaten Maybrat, Kamis (28/9/2022).

Hal ini dibenarkan oleh Kabid Humas Polda Papua Barat Kombes Pol Adam Erwindi, berdasarkan informasi sementara, empat orang tewas dan satu pekerja tertembak diselamatkan oleh personil TNI Satgas Unit RK 136TS yang langsung mendapatkan perawatan intensif di posko medis.

Sebanyak empat orang pekerja yang dituduh sebagai intelijen ditembak mati oleh Pasukan TPNPB-OPM Wilayah Kodap IV Sorong Raya. Mereka beralasan penyerangan dikarenakan terdapat senjata tabung 12 butir amunisi jenis SS1 atau kode peluru 5,56 mm dan sejumlah butir amunisi jenis pistol di lapangan, sehingga kelompok separatis langsung mengambil langkah pembunuhan dan penembakan. 

PT Pos Indonesia Mengerahkan Lebih dari 20 Ribu Karyawan untuk Menyalurkan BLT BBM

PT Pos Indonesia Mengerahkan Lebih dari 20 Ribu Karyawan untuk Menyalurkan BLT BBM

Selamat Pagi Indonesia • 4 hours ago

PT Pos Indonesia telah mengerahkan lebih dari 20 ribu karyawan untuk terus menyalurkan BLT BBM kepada masyarakat untuk mengurangi dampak dari berkurangnya subsidi BBM yang diberikan pemerintah. PLT Direktur Kelembagaan PT Pos Indonesia Endy Pattia Rahmadi menyatakan, bahwa penyaluran BLT BBM sudah mencapai 98% yang dilakukan dengan tiga skema.

Pemerintah memberikan jangka waktu selama 14 hari untuk PT Pos menyalurkan BLT BBM tersebut kepada 20,65 juta keluarga penerima manfaat termasuk daerah terpencil di Indonesia. Berbagai tantangan telah dirasakan oleh juru bayar PT Pos Indonesia yang menyalurkan BLT BBM ke daerah terpencil yang ada di Indonesia salah satunya komunikasi, hingga adat istiadat yang berbeda.

Juru bayar PT Pos Indonesia Gita A. Kesuma mengatakan, tidak banyak tantangan yang menghambat penyaluran BLT tersebut. Menurutnya, satu-satunya yang dapat menghambat penyaluran BLT BBM hanyalah faktor cuaca.

Penyaluran BLT BBM mendapat apresiasi dari masyarakat karena pemerintah dinilai telah memperhatikan masyarakat secara luas termasuk yang tinggal di daerah terpencil seperti di Pulau Nias. Masyarakat juga berharap pemerintah terus memberikan bantuan terlebih dalam kondisi sulit seperti sekarang ini.

Terdampak Proyek Tol, Puluhan Siswa SD di Demak Belajar di Luar Kelas Beralas Tikar

Terdampak Proyek Tol, Puluhan Siswa SD di Demak Belajar di Luar Kelas Beralas Tikar

Selamat Pagi Indonesia • 4 hours ago

Akibat pembangunan proyek tol Semarang-Demak, salah satu sekolah di Demak, Jawa Tengah, siswanya terpaksa belajar di luar sekolah menggunakan tikar. Lokasi sekolah yang selalu terdampak rob dan kondisinya sudah mengkhawatirkan ini, sebenarnya sudah mendapatkan ganti rugi serta lokasi untuk relokasi. Namun, hingga kini belum ada tanda-tanda sekolah yang baru akan dibangun. 

Para siswa kelas enam SD Sidogemah terlihat belajar di luar kelas menggunakan tikar. Mereka belajar beralasan tikar di tanah yang lebih tinggi, karena di halaman sebelahnya terendam banjir rob. Sekolah yang memiliki 200 lebih siswa ini, terlihat sejumlah siswa tanpa menggunakan sepatu karena siklus banjir rob yang datang sewaktu-waktu merendam sekolah mereka. 

Menurut salah satu siswa, mereka mengikuti proses KBM di luar kelas, beralasan tikar karena ruang kelasnya untuk sementara digunakan kelas tiga. Meski, mengaku kepanasan. Namun, para siswa mengaku nyaman belajar di luar kelas walau tanpa meja dan kursi.

IHSG Dibuka Melemah Terseret Bursa Global

IHSG Dibuka Melemah Terseret Bursa Global

Headline News • 5 hours ago

Indeks Harga Saham Gabungan (IHSG) dibuka terkoreksi mengikuti pergerakan bursa secara global, Jumat (30/9/2022) pagi. Pembukaan indeks turun 0,3% di level 7.011 dengan nilai transaksi berada di posisi Rp269 miliar.

Pergerakan IHSG diprediksi bergerak melemah bahkan berada di resistansi 6.900. Hal ini disebabkan beberapa sentimen, seperti kenaikan harga BBM dan bursa secara global.

Sementara itu, nilai tukar rupiah menguat tipis 0,03% di level Rp15.262. Penguatan nilai tukar rupiah karena Bank of England mengumumkan pembelian obligasi darurat. Pergerakan nilai tukar rupiah diprediksi akan ada direntang Rp15.175 hingga Rp15.300 per dolar AS. 

Waran Terstruktur Resmi Meluncur di BEI, Apa Kelebihannya?

Waran Terstruktur Resmi Meluncur di BEI, Apa Kelebihannya?

Selamat Pagi Indonesia • 5 hours ago

Bursa efek menjadi tempat sekaligus saksi pencatatan perdana tiga waran terstruktur sejak 19 September 2022. Direktur Penilaian Perusahaan BEI, I Gede Nyoman Yetna mengatakan pada waran terstruktur ini mempunyai fitur yang menarik bagi investor dan merupakan investasi yang murah dan menjanjikan.

"Kami berupaya memberikan fitur yang menarik bagi investor, ini merupakan pilihan investasi yang murah dan menjanjikan," ujar Direktur Penilaian Perusahaan BEI, I Gede Nyoman Yetna, Jumat (30/9/2022).

Waran terstruktur adalah surat berharga yang diterbitkan oleh anggota bursa, yang memberikan hak kepada pembelinya untuk menjual atau membeli suatu saham pada harga dan tanggal yang telah ditentukan.

Waran terstruktur memberikan hak kepada pembelinya untuk menjual atau membeli suatu underlying asset, pada harga dan tanggal yang telah ditentukan (harga dan tanggal exercise). Adapun underlying asset tersebut merupakan saham-saham yang masuk dalam konstituen Indeks IDX30.

Suhendra 'Ayah Sejuta Anak' Terancam 15 Tahun Penjara

Suhendra 'Ayah Sejuta Anak' Terancam 15 Tahun Penjara

Selamat Pagi Indonesia • 5 hours ago

Pelaku dugaan perdagangan bayi, Suhendra Abdul Halim yang sempat viral di media sosial kini telah ditahan oleh Polres Bogor. Suhendra yang melancarkan aksinya dengan kedok pengadopsian bayi mampu meraup untung hingga Rp15 juta dari setiap bayi yang 'dijual'. Suhendra pun dijerat pasal berlapis dengan ancaman pidana 15 tahun penjara. 

Wakapolres Bogor Kompol Wisnu Perdana mengatakan Suhendra dijerat dengan Pasal 83, Pasal 76 F Undang-Undang Nomor 35 tahun 2014 tentang perubahan atas UU No. 23 tahun 2002 tentang Perlindungan Anak dengan ancaman pidana maksimal 15 tahun penjara dan denda maksimal sebesar Rp300 juta.

Wisnu juga mengungkap pihaknya berhasil menangkap terduga pelaku di rumahnya serta mengamankan beberapa barang bukti. Saat ini polisi sedang melakukan pendalaman perkara.

"Sampai saat ini kami masih melakukan pendalaman perkara dan pelaku telah kami tahan. Untuk proses sedang berlangsung agar secepatnya dapat kami serahkan ke kejaksaan," ucapnya.

Suhendra Abdul Halim diketahui menjalankan aksinya sejak Februari 2022. Ia memposting pamflet program 'Ayah Sejuta Anak' di media sosial. Target dari pelaku adalah pasangan yang hamil di luar nikah.

Komisioner KPAI Retno Listyarti menegaskan pengadopsian harus tetap mematuhi prosedur hukum yang berlaku walaupun ada niat baik di dalamnya.