NEWSTICKER

Index: 2023-06-04

Festival Lampion Waisak 2023 di Candi Borobudur Diikuti Ribuan Umat

Festival Lampion Waisak 2023 di Candi Borobudur Diikuti Ribuan Umat

Metro Hari Ini • 49 minutes ago

Peringatan detik-detik Waisak 2567 Buddhis Era (BE) 2023, diperingati dengan khidmat dan meriah, antusiasme masyarakat lebih tinggi dibandingkan tahun lalu. Sementara, dilaksanakan pelepasan lampion yang akan diikuti ribuan umat di Pelataran Candi Borobudur, Minggu (4/6/2023) sore. 

Sore hari ini proses pelepasan lampion akan segera dimulai. Prosesi tersebut dibagi dua sesi, yakni di sesi pertama akan dimulai pada pukul 17.00 Wib  dan sesi kedua akan dimulai pada pukul 19.30 Wib. 

Sesi pertama para peserta dan tamu undangan terpantau mulai berdatangan. Dalam proses tersebut terdapat ribuan lampion yang nanti akan diterbangkan bersama-sama. Namun sebelumnya, akan ada meditasi terlebih dahulu, yang dipimpin oleh pemuka agama setempat dan untuk sesi kedua, nantinya akan dihadiri oleh sejumlah tamu undangan yakni Gubernur Jawa Tengah Ganjar Pranowo, Menteri BUMN Erick Thohir, Menteri Pariwisata dan Ekonomi Kreatif Sandiaga Uno dan Menteri Agama Yaqut Cholil Qoumas. 

Prosesi pelepasan lampion tersebut tidak dibatasi usia dan juga tidak hanya umat beragama Buddha saja yang diperbolehkan untuk mengikutinya, sehingga dari wisatawan pun terlihat banyak yang mendaftar untuk mengikuti prosesi pelepasan lampion. 

Tiket masuk bagi wisatawan yang mengikuti prosesi tersebut dibandrol dengan harga Rp500 Ribu, dengan cara daring dari beberapa bulan lalu. 

Oknum Anggota Brimob Tersangka Pemerkosaan Anak Ditahan di Mapolda Sulteng

Oknum Anggota Brimob Tersangka Pemerkosaan Anak Ditahan di Mapolda Sulteng

Metro Hari Ini • 50 minutes ago

Penyidik kepolisian Daerah Sulawesi Tengah menetapkan oknum anggota Brimob, Ipda MKS sebagai tersangka kasus dugaan pemerkosaan terhadap seorang gadis berinisial RO (16) di Kabupaten Parigi Moutong. Oknum anggota Brimob tersebut kini sudah ditahan di Mapolda Sulawesi Tengah. 

Penyidik menetapkan Ipda MKS sebagai tersangka setelah mendapatkan dua alat bukti atas dugaan tindak kekerasan seksual terhadap korban. 

Kapolda Sulawesi Tengah Irjen Agus Nugroho menyatakan, penyidik menemukan dua alat bukti kuat untuk menetapkan status tersangka terhadap Ipda MKS. Keenam saksi juga diperiksa termasuk kedua orang tua korban. 

Irjen Agus Nugroho menegaskan, penetapan tersangka terhadap Ipda MKS merupakan bentuk keseriusan pihak Polda Sulteng dalam menangani kasus kekerasan seksual terhadap korban. 

Selain Ipda MKS, polisi sebelumnya telah menetapkan 10 tersangka lainnya. Para tersangka ini memiliki latar belakang profesi yang berbeda-beda, termasuk Kepala Desa, Guru Sekolah Dasar hingga mahasiswa.

Kasus pemerkosaan terhadap gadis 15 tahun ini terjadi sejak April 2022. Pihak keluarga RO sudah melaporkan kasus tersebut pada Januari 2023 di Polres Parigi Moutong setelah korban mengalami sakit di perut. 

RO mengaku diperkosa oleh 11 laki-laki dewasa di tempat yang berbeda-beda dalam waktu 10 bulan. 

Gunther Jadi yang Tercepat di Race 2 Formula E Jakarta 2023

Gunther Jadi yang Tercepat di Race 2 Formula E Jakarta 2023

Metro Hari Ini • 58 minutes ago

Maximilian Gunther mendapatkan posisi pertama dalam balapan Formula E yang kembali digelar di Jakarta Internasional E-Prix Sirkuit, Minggu (4/6/2023) siang. Ini menjadi balapan seri ke-11 musim ini setelah seri sebelumnya juga digelar di tempat yang sama, Sabtu (3/6/2023) kemarin.

Balapan berjalan amat menarik dari lap pertama. Namun, Gunther mampu tampil amat baik hingga akhirnya menjadi yang tercepat mencapai finish.

Kemenangan itu jelas amat berarti bagi Maserati, sebab Gunther berhasil mengamankan kemenangan kursi tunggal kejuaraan dunia pertama Maserati sejak kemenangan legendaris Juan Manuel Fangio di Nurburgring pada 1957.

Sementara itu, menyusul posisi kedua diisi oleh Jack Dennis dari tim Avalanche Andretti dan Mitch Evans dari tim Jaguar TCS yang finish di posisi ketiga.

Kondisinya Membaik, Korban Pemerkosaan 11 Pria Kemungkinan Tak Perlu Operasi Rahim

Kondisinya Membaik, Korban Pemerkosaan 11 Pria Kemungkinan Tak Perlu Operasi Rahim

Metro Hari Ini • 1 hour ago

Kondisi RO, gadis di bawah umur korban pemerkosaan oleh 11 pria dewasa yang tengah dirawat di RSUD Undata, Palu, Sulawesi Tengah, terus membaik. Terbuka kemungkinan korban tidak perlu menjalani operasi pengangkatan rahim.

Direktur RSUD Undata Herry Mulyadi menyatakan, kondisi kesehatan RO saat ini sudah jauh lebih baik dibanding kondisi saat pertama kali masuk rumah sakit.

Berdasarkan hasil analisa tim dokter yang menangani korban, kondisi rahim RO cukup baik sehingga kemungkinan tidak perlu untuk dioperasi. Tim dokter kini masih menunggu perkembangan kondisi rahim RO yang diharapkan terus membaik. 

"Akan diperiksa kembali seluruhnya, kalau ternyata hasil pemeriksaan tak patut dioperasi, ya tidak perlu dioperasi. Tapi kalau ternyata masih, insyaallah dilakukan operasi minggu depan," kata Direktur RSUD Undata Herry Mulyadi.

Sementara itu dukungan terhadap korban mengalir dari para aktivis perempuan. Mereka mendatangi RSUD Undata untuk menyampaikan dukungannya.

Puluhan aktivis perempuan yang tergabung dalam Gerakan Perempuan Bersatu membawa rangkaian bunga, buah-buahan, juga coklat, sebagai tanda cinta yang dititipkan kepada pihak rumah sakit untuk korban.

Para aktivis perempuan ini juga mengapresiasi kinerja aparat kepolisian yang telah menetapkan 11 terduga pelaku pemerkosaan sebagai tersangka. Mereka juga berharap para tersangka yang masih buron bisa segera ditangkap.

Arus Balik Libur Panjang, Ratusan Ribu Kendaraan Kembali ke Arah Jakarta

Arus Balik Libur Panjang, Ratusan Ribu Kendaraan Kembali ke Arah Jakarta

Headline News • 1 hour ago

Memasuki arus balik libur panjang akhir pekan, ratusan ribu kendaraan kembali ke arah Jakarta. Arus lalu lintas di Tol Jakarta-Cikampek arah Jakarta terpantau ramai lancar, Minggu (4/6/2023).

Arus lalu lintas di ruas Tol Jakarta-Cikampek kilometer 48 arah Jakarta terpantau ramai lancar. Mulai terlihat adanya sedikit kepadatan, namun kendaraan tetap bisa melaju dengan kecepatan normal atau rata-rata sekitar 80 km/jam.

Adanya sedikit kepadatan ini dikarenakan adanya antrean kendaraan yang ingin melaju melalui Jalan Layang MBZ. 

Jumlah kendaraan yang kembali ke area Jakarta memalui ruas Tol Jakarta-Cikampek sebanyak 32 ribu kendaraan atau naik sekitar 11% dibandingkan hari biasa. 

Berdasarkan data terakhir dari pihak Jasa Marga per 3 Juni 2023, ada 154 ribu kendaraan yang kembali ke arah Jabotabek dan angka tersebut mengalami kenaikan sekitar 15,7% jika dibandingkan dengan hari biasa. Jumlah tersebut merupakan jumlah kumulatif dari empat gerbang tol utama, yakni Gerbang Tol Cikupa, Ciawi, Cikampek Utama dan Kalihurip Utama. 

Sidang Perdana Mario dan Shane Digelar 6 Juni Tanpa Pengamanan Khusus

Sidang Perdana Mario dan Shane Digelar 6 Juni Tanpa Pengamanan Khusus

Metro Hari Ini • 2 hours ago

Sidang perdana Mario Dandy dan Shane Lukas dalam kasus penganiayaan berat terhadap David Ozora akan digelar, Selasa (6/6/2023) mendatang. Pihak Pengadilan Negeri Jakarta Selatan menyatakan tak ada pengamanan khusus. 

Setelah mendapat protes dari keluarga korban karena proses hukum terlalu lamban, akhirnya dua pelaku penganiayaan terhadap David Ozora akan segera disidangkan. PN Jakarta Selatan telah menjadwalkan sidang perdana untuk Mario Dandy dan Shane Lukas, Selasa (6/6/2023). 

Pejabat Humas Pengadilan Negeri Jakarta Selatan Djuyamto mengatakan, pengamanan selama persidangan akan dilakukan seperti biasa. PN Jaksel telah berkoordinasi dengan Polres Jaksel dan Kejaksaan soal pengamanan selama persidangan.

Sementara Ketua Majelis yang akan mengadili Mario Dandy adalah Alimin Ribut Sujono dengan hakim anggota Tumpanuli Marbun dan Muhammad Ramdes.

Mario Dandy Satrio dijerat Pasal 355 KUHP ayat 1, subsider Pasal 354 ayat 1 KUHP, subsider 353 ayat 2 KUHP, subsider 351 ayat 2 KUHP. Selain itu, penyidik menjerat Mario dengan Pasal 76c juncto 80 Undang-Undang Perlindungan Anak dengan ancaman maksimal 12 tahun penjara.

Terduga Teroris di Banyuwangi Berprofesi Pengacara dan Dosen

Terduga Teroris di Banyuwangi Berprofesi Pengacara dan Dosen

Metro Hari Ini • 2 hours ago

Tim Densus 88 anti teror Polri menangkap seorang terduga teroris di Banyuwangi, Jawa Timur, Sabtu 3 Juni 2023 siang. Pria berinisial SN yang ditangkap tim densus 88 dikenal berprofesi sebagai dosen dan pengacara di Banyuwangi. 

Terduga teroris berinisial SN ini sehari-hari berprofesi sebagai advokat. SN mempunyai lembaga pendidikan PKBM (Pusat Kegiatan Belajar Masyarakat) At-Taubah.

SN ditangkap dikediamannya di Dusun Susukan Kidul, Desa Gladag, Kecamatan Rogojampi, Banyuwangi. Kepala Desa Gladag Haidir Sidqi membenarkan jika ada seorang warganya yang ditangkap oleh tim Densus 88 anti teror Polri. 

Kodim Jakut Punya Museum Kontainer Pertama di Indonesia

Kodim Jakut Punya Museum Kontainer Pertama di Indonesia

Newsline • 2 hours ago

TNI Angkatan Darat untuk pertama kalinya memiliki museum yang terbuat dari kontainer. Museum yang terletak di halaman markas Komando Distrik Militer 0502 Jakarta Utara itu diresmikan di Hari Jadi Kodim Jakut pada 23 Mei 2023. 

Museum kontainer dapat dinikmati masyarakat umum secara gratis dan menjadi satu-satunya museum di Indonesia yang terbuat dari kontainer. 

Ide pembangunan museum ini terinspirasi dari Pelabuhan Tanjung Priok yang menjadi tempat bongkar muat barang menggunakan kontainer. Pembangunan museum kontainer ini membutuhkan waktu tujuh bulan. Museum yang berisi sejarah TNI Angkatan Darat ini diharapkan mengedukasi masyarakat luas. 

Upacara Adat Larung Sembonyo di Trenggalek Berlangsung Meriah

Upacara Adat Larung Sembonyo di Trenggalek Berlangsung Meriah

Newsline • 2 hours ago

Sebagai ungkapan rasa syukur atas tangkapan laut yang melimpah, nelayan di Kabupaten Trenggalek menggelar Larung Sembonyo atau Labuh Laut Teluk Prigi.

Nelayan yang beroperasi di Pelabuhan Perikanan Nusantara Prigi Trenggalek, Jawa Timur menggelar upacara adat Larung Sembonyo, Sabtu (3/6/2023).

Upacara adat Larung Sembonyo ini diawali dengan kirab tumpeng raksasa dan aneka jajanan pasar dari Pantai Cengkrong menuju Pantai Prigi dan berakhir di Pelabuhan Perikanan Nusantara Prigi. 

Sebelum dilarung, tumpeng raksasa dan aneka sesaji yang telah disiapkan oleh para nelayan ini didoakan terlebih oleh tokoh adat setempat. Selanjutnya tumpeng raksasa ini ditarik menggunakan kapal dan dibawa ke tengah laut untuk dilarung bersama-sama. 

Prosesi ini berlangsung meriah. Sekitar 30 kapal nelayan turut serta mengiringi upacara ini. 

Menurut nelayan setempat , tradisi atau upacara adat Larung sembonyo telah dilakukan secara turun temurun sejak ratusan tahun silam. Tradisi ini biasa digelar pada bulan Selo pada penanggalan jawa. 

"Secara adat diselenggarakan pada bulan Selo. Dulunya keturunan dari Mataram itu jatuhnya pada Senin Kliwon," jelas nelayan Prigi, Abi Suprapto. 

Larung Sembonyo merupakan salah satu ungkapan rasa syukur dari para nelayan kepada Tuhan yang Maha Esa karena telah mendapatkan hasil tangkapan yang melimpah selama setahun terakhir.

Para nelayan berharap, setahun ke depan hasil tangkapan ikan semakin melimpah. Selain itu, nelayan juga diberikan keselamatan saat melaut mencari ikan. 

Kebakaran PT Entek Separindo Asia dalam Proses Pendinginan

Kebakaran PT Entek Separindo Asia dalam Proses Pendinginan

Headline News • 2 hours ago

Petugas pemadam kebakaran dari Pemkab Bogor, Jawa Barat melakukan pendinginan dan melokalisir titik bara api di lokasi pabrik elektronik yang terbakar di Cileungsi, Bogor, Jawa Barat.

Saat ini hawa masih terasa sangat panas, dan banyaknya bara api di lokasi yang dikhawatirkan akan kembali menyulut kebakaran. 

Puluhan petugas pemadam kebakaran masih melakukan proses pendinginan di lokasi kebakaran di areal Pabrik PT Entek Separindo Asia di Cileungsi, Bogor. Petugas juga membongkar tumpukan puing yang menyimpan bara api, yang dikhawatirkan bisa memunculkan api besar.

Selain empat pegawai yang menderita luka bakar serius, terdapat juga belasan mesin forklift yang hangus dan mesin produksi alat elektronik yang meleleh akibat kebakaran. Pihak Damkar dan kepolisian menunggu situasi yang lebih aman untuk menyelidiki penyebab kebakaran. 

Diketahui, areal Pabrik PT Entek Separindo Asia yang memproduksi alat elektronik dan aki terbakar hebat pada Sabtu (3/6/2023) malam. Kerugian material akibat kebakaran ditaksir mencapai puluhan miliar rupiah. 

Ratusan Umat Buddha Surabaya Jalani Ibadah di Vihara Eka Dharma Loka

Ratusan Umat Buddha Surabaya Jalani Ibadah di Vihara Eka Dharma Loka

Newsline • 2 hours ago

Umat Buddha di Kota Surabaya menjalankan ibadah Tri Suci Waisak di sejumlah vihara salah satunya di Vihara Eka Dharma Loka pada Minggu 4 Juni 2023 pagi. 

Terdapat ratusan umat buddha mendatangi vihara untuk mengikuti rangkaian ibadah untuk memperingati Tri Suci Waisak 2567 BE/2023 sejak pagi hari. 

Rangkaian ibadah diawali dengan puja bakti kemudian dilanjutkan dengan pradaksina, bakti paritta dhammadesana dan diakhiri meditasi. Diharapkan dari peringatan Tri Suci Waisak ini, umat buddha bisa mengaplikasikan ajaran buddha dalam kehidupan sehari-hari.

Arus Balik Libur Panjang, Jalan Tol Jakarta-Cikampek Padat

Arus Balik Libur Panjang, Jalan Tol Jakarta-Cikampek Padat

Headline News • 2 hours ago

Kepadatan kendaraan mulai tampak di ruas Tol Jakarta-Cikampek di Kabupaten Karawang, Jawa Barat, pada arus balik libur panjang, Minggu (4/6/2023).

Volume kendaraan pribadi dari arah Cikampek menuju Jakarta terus meningkat. Namun, kendaraan tetap bisa melaju dengan kecepatan di bawah 90 km/jam. 

Seperti yang terpantau di KM 55 wilayah Klari, laju kendaraan sesekali melambat karena banyak kendaraan yang keluar lewat GT Karawang Timur. Volume kendaraan diprediksi meningkat karena banyak masyarakat yang kembali ke Jakarta. 

Keberangkatan Jemaah Calon Haji Sorong Diwarnai Kemeriahan

Keberangkatan Jemaah Calon Haji Sorong Diwarnai Kemeriahan

Liputan Haji • 2 hours ago

Jemaah calon haji dari Kota Sorong dan Kabupaten Sorong hari ini bertolak dari Bandar Udara Dominique Edward Osok, Sorong menuju Embarkasi Makassar. Suasana haru bercampur senang terlihat dalam keberangkatan jemaah calon haji.

Tarian hadrat juga mengiringi keberangkatan jemaah calon haji menuju Embarkasi Makassar. Rencananya jemaah calon haji ini akan diberangkatkan ke Tanah Suci pada Senin 5 Juni 2023. 

Kepala Kementerian Agama Kota Sorong Rofil Amri mengatakan, untuk rombongan jemaah haji Kota Sorong keberangkkatan Embarkasi Makassar akan dibagi menjadi dua, yakni pada pagi dan sore hari. 

Elektabilitas NasDem Peringkat 5 Besar

Elektabilitas NasDem Peringkat 5 Besar

Headline News • 2 hours ago

IMF Desak BOJ Pertahankan Suku Bunga Sangat Rendah

IMF Desak BOJ Pertahankan Suku Bunga Sangat Rendah

Headline News • 3 hours ago

Bank of Japan (BOJ) harus mempertahankan kebijakan moneter yang sangat longgar.

Survei: Elektabilitas Anies Konsisten di 3 Besar

Survei: Elektabilitas Anies Konsisten di 3 Besar

Headline News • 3 hours ago

BNI Genjot Bisnis Kartu Kredit dengan Bidik Generasi Milenial

BNI Genjot Bisnis Kartu Kredit dengan Bidik Generasi Milenial

Headline News • 3 hours ago

Animo masyarakat yang tinggi tiap tahunnya terlebih dengan banyaknya penonton dari kalangan milenial memicu peluang bertambahnya nasabah kartu kredit sangat tinggi.

Arus Lalu Lintas di Simpang Gadog Terpantau Normal

Arus Lalu Lintas di Simpang Gadog Terpantau Normal

Headline News • 3 hours ago

Arus lalu lintas di Simpang Gadog masih terpantau normal, Minggu 4 Juni 2023. Tidak ada kemacaten dibanding hari sebelumnya.

Arus balik libur panjang akan berakhir hari ini, 4 Juni 2023. Terdapat sekitar 1.500 kendaraan diperkirakan masih berada di Puncak, Jawa Barat dan melakukan perjalanan pulang. 

Kapolres Bogor AKBP Iman Imanudin mengatakan diperkirakan terdapat sekitar 29 ribu pengunjung yang datang ke Puncak, Bogor pada 3 Juni 2023. Pihak kepolisian juga melakukan antisipasi untuk menghindari arus balik libur panjang di Puncak, Bogor.

"Weekend kali ini cukup panjang. Mulai hari Kamis hingga Minggu. Beberapa destinasi wisata dan hotel serta vila yang ada di wilayah puncak tentunya cukup terisi full, sehingga kami hari ini mengantisipasi kembalinya masyarakat dari liburan weekend panjang", ujar AKBP Iman Imanudin. 

Sebelumnya masyarakat diimbau untuk tidak melakukan perjalanan secara bersamaan. Hal ini untuk menghindari kepadatan arus lalu lintas.  

Dampak Buruk Sistem Proporsional Tertutup

Dampak Buruk Sistem Proporsional Tertutup

Headline News • 3 hours ago

Tiba di Makkah, 6.214 Jemaah Haji Indonesia Tunaikan Ibadah Umrah Wajib

Tiba di Makkah, 6.214 Jemaah Haji Indonesia Tunaikan Ibadah Umrah Wajib

Liputan Haji • 4 hours ago

Sebanyak 6.214 orang jemaah haji Indonesia dari 16 kelompok terbang (kloter) datang secara bertahap ke Tanah Suci Makkah. Setibanya di Makkah, jemaah menunaikan ibadah umrah wajib yang sudah diniatkan di Masjid Bir Ali Madinah.
 
Sudah lebih dari 8 ribu orang jemaah haji Indonesia tiba di Makkah. Mereka yang tergabung dalam gelombang pertama sebelumnya berada di Madinah untuk melaksanakan salat Arbain atau 40 waktu di Masjid Nabawi.
 
Makkah akan terus menerima kedatangan jemaah haji gelombang pertama dari Madinah. Sementara jemaah haji gelombang kedua akan langsung mendarat di Jeddah mulai 8 Juni mendatang.

Bos BOJ Sebut Era Suku Bunga Rendah Sudah Berakhir

Bos BOJ Sebut Era Suku Bunga Rendah Sudah Berakhir

Headline News • 4 hours ago

Bank sentral global mungkin sudah menghadapi lingkungan ekonomi baru di mana inflasi dan suku bunga tidak akan lagi kembali ke tingkat rendah seperti di masa lalu.

Gerak Cepat Bahlil Layani Investor Arab Saudi di IKN Patut Diapresiasi

Gerak Cepat Bahlil Layani Investor Arab Saudi di IKN Patut Diapresiasi

Headline News • 4 hours ago

Direktur Eksekutif Segara Research Institute Piter Abdullah mengapresiasi Menteri Investasi/Kepala BKPM Bahlil Lahadalia yang bergerak cepat menyambut pengusaha Arab Saudi yang ingin berinvestasi di IKN Nusantara.