NEWSTICKER

NEWS

Ferdinan Marcos Junior Resmi Dilantik Jadi Presiden Filipina

Ferdinan Marcos Junior Resmi Dilantik Jadi Presiden Filipina

Metro Malam • 4 minutes ago

Anak diktator Filipina, Ferdinan Marcos Junior resmi dilantik sebagai Presiden Filipina menggantikan Rodrigo Duterte, Kamis (30/6/2022) siang waktu setempat. Pelantikannya menandai kembalinya dinasti politik Marcos. 

Marcos Junior yang dijuluki Bongbong memenangkan pemilu dengan kemenangan telak bulan lalu. Hal itu sekaligus menandai kembalinya rezim Marcos di Filipina setelah sang ayah, Ferdinan Marcos yang dikenal sebagai diktator, digulingkan dalam pemberontakan pada 1986. 

Pertemuan Jokowi dan Putin di Kremlin Bahas 5 Poin Penting

Pertemuan Jokowi dan Putin di Kremlin Bahas 5 Poin Penting

Headline News • 19 minutes ago

Presiden Joko Widodo bertemu dengan Presiden Rusia Vladimir Putin di Kremlin, Kamis (30/6/2022). Ada lima poin penting yang disampaikan dalam konferensi bersama setelah pertemuan Jokowi dan Putin. 

Isu perdamaian dan kemanusiaan menjadi prioritas politik luar negeri Indonesia. Kedua, meski situasi sulit namun Indonesia tetap menyampaikan penyelesaian konflik dengan damai. Jokowi juga telah menyampaikan pesan dari Presiden Ukraina untuk Putin. 

Jokowi juga mengedepankan bahwa pangan dan pupuk merupakan masalah kemanusiaan dan merupakan kepentingan masyarakat dunia. Putin menyambut bahwa beliau akan menjamin keamanan pasokan pangan dan pupuk baik dari Rusia maupun Ukraina. 

Berpura-pura Jadi Pemulung, Pencuri Kotak Amal di Masjid Bekasi Terekam CCTV

Berpura-pura Jadi Pemulung, Pencuri Kotak Amal di Masjid Bekasi Terekam CCTV

Top News • 32 minutes ago pencurian

Seorang pria berpura-pura sebagai pemulung di Kabupaten Bekasi, Jawa Barat terekam CCTV mencuri kotak amal di Masjid Al Muhajirin di Kawasan Cikarang Timur, Kabupaten Bekasi, Jawa barat.

Pelaku melakukan aksi tersebut ketika kondisi masjid dalam keadaan sepi. Pelaku mencuri kotak amal dengan cara menggotong kotak tersebut dan membawanya ke dalam kamar mandi masjid serta mengambil seluruh isinya sebelum melarikan diri. Usai melakukan aksi tersebut, pelaku keluar dan berpura-pura sebagai pemulung. Akibat aksi pencurian ini, uang sebanyak Rp5 juta raib dibawa pelaku.

Haruskah Ganja Dilegalkan untuk Medis?

Haruskah Ganja Dilegalkan untuk Medis?

Top News • 32 minutes ago

Sejumlah pihak memperjuangkan legalisasi ganja untuk kepentingan medis. Upaya yang dilakukan di antaranya mengajukan gugatan uji materi terhadap UU Narkotika ke Mahkaman Konstitusi. Namun sudah dua tahun belum ada putusan. 

Harapan mereka kini tertuju pada rencana revisi UU Narkotika di DPR. Haruskah ganja dilegalkan untuk medis?

Gelar Pertemuan, Gerindra-PKB Kuatkan Kerja Sama

Gelar Pertemuan, Gerindra-PKB Kuatkan Kerja Sama

Top News • 36 minutes ago

Partai Gerindra dan PKB menggelar pertemuan bertajuk "Silaturahmi Kebangsaan Gerindra & PKB Kebangkitan Indonesia Raya" pada Kamis (30/6/2022) malam. Pertemuan ini ditujukan untuk mengakrabkan kedua partai di tingkat provinsi untuk memenangkan Pemilu 2024. 

Selama kurang lebih 30 menit acara berlangsung, riuh tepuk tangan dan canda para kader partai yang hadir menghiasi ruang pertemuan. Kedua partai pun mengaku sudah semakin akrab dan telah memiliki dua nama yang akan diajukan dalam Pemilu Presiden 2024 mendatang. 

Kementan: PMK Tak Ganggu Stok Ketersediaan Hewan Kurban

Kementan: PMK Tak Ganggu Stok Ketersediaan Hewan Kurban

Top News • 42 minutes ago nasional

Kementerian Pertanian memastikan ketersediaan hewan kurban untuk perayaan Iduladha dalam kondisi cukup bahkan surplus mencapai 469 ribu ekor. Masyarakat juga tidak perlu khawatir berkurban di tengah maraknya wabah PMK. Kementan sudah melakukan berbagai upaya untuk memberantas wabah PMK, mulai dari pembentukan gugus tugas, pengadaan vaksin hingga vaksinasi massal yang tersebar ke beberapa wilayah.

Sopir Angkot di Bandung Keluhkan Beli BBM Pakai MyPertamina

Sopir Angkot di Bandung Keluhkan Beli BBM Pakai MyPertamina

Top News • 44 minutes ago

Sopir angkutan kota di Bandung, Jawa Barat mengeluhkan kebijakan pembelian Pertalite dan Solar subsidi yang wajib menggunakan aplikasi MyPertamina. Kebijakan ini dinilai mempersulit karena banyak di antara mereka yang tidak memiliki ponsel pintar. 

Roy Suryo Berikan Data Pemilik Akun Pengunggah Meme Stupa Mirip Jokowi ke Polisi

Roy Suryo Berikan Data Pemilik Akun Pengunggah Meme Stupa Mirip Jokowi ke Polisi

Headline News • 48 minutes ago

Mantan Menpora Roy Suryo telah selesai menjalani pemeriksaan di Polda Metro Jaya sebagai saksi pelapor dalam kasus meme stupa Candi Borobudur. Roy Suryo menyatakan hingga saat ini statusnya masih sebagai saksi. 

Roy mengungkapkan dirinya dicecar 18 pertanyaan oleh penyidik. Pertanyaan seputar tiga akun media sosial yang dilaporkan kuasa hukumnya. Roy juga telah memberikan data pemilik akun yang pertama kali mengunggah meme stupa Candi Boroburu yang diedit mirip wajah Presiden Joko Widodo. 

Banjir di Desa Jenggalu Surut, Warga Tetap Dirikan Tenda Pengungsian

Banjir di Desa Jenggalu Surut, Warga Tetap Dirikan Tenda Pengungsian

Top News • 49 minutes ago banjir

Banjir yang sempat memutus akses jalan Bengkulu-Lampung pada Kamis (30/6/2022) malam akhirnya surut. Ratusan kepala keluarga yang terdampak banjir juga telah kembali ke rumah masing-masing namun tetap siaga dengan mendirikan tenda pengungsian.

Warga Desa Jenggalu, Kecamatan Sukaraja, Kabupaten Seluma yang terdampak banjir luapan Sungai Jenggalu mendirikan tenda pada Kamis (30/6/2022). Meski banjir telah surut namun genangan air masih mengepung rumah penduduk tetapi debit air tidak sampai masuk ke dalam rumah.

Bank Riau Kepri Janji Kembalikan Uang Nasabah yang Hilang Dicuri Pegawai

Bank Riau Kepri Janji Kembalikan Uang Nasabah yang Hilang Dicuri Pegawai

Headline News • 52 minutes ago

Bank Riau Kepri berjanji akan mengembalikan dana nasabah sebesar Rp5 miliar menyusul terungkapnya kasus pembobolan rekening yang dilakukan seorang karyawan bank. 

Bank milik Pemprov Riau ini akan melakukan pengawasan lebih ketat untuk mencegah kasus pembobolan rekening terulang lagi. Pihak internal Bank Riau Kepri Cabang Pekanbaru telah melaporkan langsung kasus pembobolan rekening nasabah ini ke Polda Riau. 

Sebelumnya, polisi menetapkan seorang karyawan Bank Riau Kepri sebagai tersangka. Menurut pengakuan tersangka, uang hasil pembobolan rekening ini digunakan untuk bermain judi online. 

Cegah PMK, Kementan Gandeng BNPB Percepat Vaksinasi Hewan Ternak

Cegah PMK, Kementan Gandeng BNPB Percepat Vaksinasi Hewan Ternak

Top News • 52 minutes ago nasional

Kementerian Pertanian menargetkan vaksinasi untuk wabah penyakit mulut dan kuku (PMK) pada hewan ternak, seluruhnya akan disuntikkan sebelum Hari Raya Iduladha. Hal ini untuk mencegah penularan wabah PMK semakin meluas.

Menteri Pertanian Syahrul Yasin Limpo mengungkapkan sebanyak 800 ribu vaksin rencananya akan disebar ke wilayah yang terdampak wabah PMK. 

Selain itu, untuk mempercepat vaksinasi Kementan menggandeng Badan Nasional Penaggulangan Bencana (BNPB) yang dinilai berpengalaman dalam penanganan kasus Covid-19.

Truk Terseret Banjir di Sungai Leko Danga, Warga Berusaha Evakuasi dengan Alat Seadanya

Truk Terseret Banjir di Sungai Leko Danga, Warga Berusaha Evakuasi dengan Alat Seadanya

Top News • 1 hour ago banjir

Nekat menerobos sungai, sebuah truk terjebak dan terseret banjir di Sungai Leko Danga, Kabupaten Ngada, Nusa Tenggara Timur. Sopir dan dua penumpang berhasil selamat dalam kejadian tersebut.

Warga setempat berusaha mengevakuasi truk tersebut dengan menarik tali agar truk tidak terseret arus lebih jauh bila hujan terus mengguyur wilayah tersebut hingga malam. Namun upaya evakuasi yang dilakukan warga hingga Kamis (30/6/2022) sore belum berhasil karena warga tidak memiliki peralatan yang memadai.

Menurut warga, diduga roda truk tersebut tersangkut batu di sungai sehingga tidak bisa melewati sungai tersebut. Sebelumnya, Sungai Leko Danga merupakan sungai kering yang menjadi jalan alternatif dari Golewa Selatan menuju Inerie dan Aimere.

RUU Kesejahteraan Ibu dan Anak Sah Jadi Inisiatif DPR

RUU Kesejahteraan Ibu dan Anak Sah Jadi Inisiatif DPR

Top News • 1 hour ago nasional

DPR resmi mengesahkan rancangan Undang-undang Kesejahteraan Ibu dan Anak (KIA) menjadi RUU inisiatif di DPR dalam rapat paripurna, Kamis (30/6/2022). RUU KIA memuat usulan soal cuti melahirkan selama enam bulan bagi ibu bekerja dan cuti salama 40 hari bagi ayah untuk mendampingi istri merawat anak di masa awal melahirkan.  

Usai rapat paripurna, Ketua DPR RI Puan Maharani menyampaikan seluruh fraksi di DPR telah sepakat untuk dapat mengakomodir hak-hak dari ibu dan anak demi memastikan kualitas generasi bangsa lebih baik ke depannya. 

Kendati demikian, Puan tak bisa memastikan apakah pembahasan RUU KIA ini akan berjalan dengan cepat, sebab DPR masih fokus untuk menampung kritik dan saran atas RUU tersebut, sebelum memulai pembahasan bersama pemerintah.

Usai Bertemu Putin, Jokowi akan Langsung Bertolak ke Abu Dhabi

Usai Bertemu Putin, Jokowi akan Langsung Bertolak ke Abu Dhabi

Top News • 1 hour ago

Pertemuan antara Presiden Joko Widodo dengan Presiden Rusia Vladimir Putin berlangsung di Kremlin, Kamis (30/6/2022) waktu setempat.

Usai pertemuan dengan Putin, Jokowi akan langsung kembali ke bandara untuk bertolak menuju Abu Dhabi.

Tak Terima Ditegur, Mahasiswi Aniaya Polisi

Tak Terima Ditegur, Mahasiswi Aniaya Polisi

Top News • 1 hour ago

Tidak terima ditegur polisi saat melawan arus kendaraan, seorang mahasiswi menganiaya seorang anggota kepolisian di kolong fly over Kampung Melayu, Jatinegara, Jakarta Timur.

Adu mulut terjadi karena mahasiswi ini tidak terima diberhentikan usai kedapatan melawan arus. Cek cok mulut yang disertai aksi pemukulan dan menendang serta menggigit anggota kepolisian ini pun menjadi tontonan warga sekitar.

Sebelumnya petugas berupaya menghentikan laju kendaraan motor mahasiwi karena sempat menabrak dan berupaya merebut senjata milik petugas kepolisian.

Civil 20 Dorong Pelibatan Masyarakat Sipil dalam Kebijakan KTT G20

Civil 20 Dorong Pelibatan Masyarakat Sipil dalam Kebijakan KTT G20

Headline News • 2 hours ago g20

Lima bulan jelang puncak pertemuan G20 di Bali, kelompok masyarakat sipil (Civil 20) terus mendorong adanya pelibatan masyarakat sipil dalam pengambilan kebijakan di KTT G20. Hal ini dilakukan melalui penyelenggaraan diskusi working group yang membahas tujuh fokus berbeda.

Ketujuh fokus ini meliputi akses vaksin dan kesehatan global, keadilan gender dan disabilitas, pajak dan keuangan berkelanjutan, lingkungan keadilan, iklim dan transisi energi Sustainable Development Goals (SDGs) dan kemanusiaan, pendidikan digitalisasi dan ruang sipil serta anti korupsi.

Penyelenggaraan Presidensi G20 memiliki sejumlah tantangan global terutama perang antara Rusia dan Ukraina dan masih kurangnya keterbukaan data informasi dari pemerintahan negara anggota G20 juga menjadi tantangan dalam mewujudkan tujuh fokus utama G20.

G20 berperan sebagai wadah dan jembatan penghubung antara masyarakat sipil dan para pembuat kebijakan untuk memastikan kesepakatan kebijakan yang adil dan berkelanjutan bagi seluruh masyarakat dunia terutama kaum marginal.